LightBlog

Ketua Persatuan Judo Eropa Sergey Soloveychick pernah menyatakan bahwa Mixed martial arts  atau seni bela diri campuran bukanlah olahraga k...

MMA Bukan Olahraga? Bagaimana Pendapat Anda?

Ketua Persatuan Judo Eropa Sergey Soloveychick pernah menyatakan bahwa Mixed martial arts atau seni bela diri campuran bukanlah olahraga karena memberikan contoh yang buruk kepada anak-anak dan tidak memiliki nilai-nilai kemanusiaan. Menurutnya, olahraga harus memiliki nilai-nilai kemanusiaan dan mendorong masyarakat membangun nilai-nilai kemanusiaan.

Mungkin saja dia 'benar', tapi dia melupakan fakta bahwa MMA adalah campuran delapan cabang olahraga bela diri, yang enam di antaranya dipertandingkan di Olimpiade. Bagaimana mungkin gabungan bermacam style bela diri ini dianggap bukan olahraga?

"MMA is not a sport, it is some kind of show," said European Judo Union president Sergey Soloveychick.  "Sport should have some human values and sports should help society develop human values. With MMA, it is not so.  "He added: "It's not good if your opponent is on his stomach and you sit on him and beat his head.

"It's not good for the education of the young generation, so we don't like to promote this kind of organisation during our competition. The spirit is to destroy your opponents by different ways and this is not good."


3 comments:

Anonymous said...

mma bisa dikatakan sebagai olahraga atau tidak,bergantung pada pemahan terhadap kata "olahraga".karena masing-masing orang memiliki definisi masing-masing terhadap "olahraga". apabila diartikan olahraga diartikan sebagai "aktifitas gerak fisik maupun psikis untuk yang bertujuan untuk menjaga kesehatan".tentunya "mma dan semua cabang beladiri lainnya" ini kurang tepat bila dikatakan sebagai olahraga.karena dalam suatu pertandingan beladiri resiko cedera lebih besar dari pada jenis olahraga yang lain. karena agresi2 yang ada pada beladiri bersifat merusak baik dalam skala kecil maupun besar,inilah yang bertentangan dengan prinsip kesehatan.
intinya antara olah raga dan bela diri harus di pisahkan pemahamannya.kalaupun even beladiri dimasukan dalam suatu even olehraga,bukan berarti beladiri itu sama artinya dengan olah raga.
hasilnya juga akan berbeda manakala "olah raga" dipahami dari sudut pandang lain.

Herry said...

nice comment bro,
tapi kalau kita lihat di karate dan tinju atau judo sekalipun sebenarnya memiliki resiko yg sama bahayanya. tetapi mereka tetap bisa diterima :)

Olah raga sih ya, tapi efeknya sangat negatif terhadap generasi. Sangat keras olah raga ini. Seharusnya Tinju MMA ini perlu ditinjau ulang untuk ditiadakan di bumi Indonesia.