OnePride MMA :Sebanyak tujuh petarung One Pride Mixed Martial Arts akan bertolak ke Singapura pada 15 Januari 2017 mendatang. Dalam kesempatan tersebut, mereka bakal bertanding dengan beberapa petarung dari Singapore Fighting Championship, UFC 208: Holm VS Randamie, UFC 200 : Miesha Tate VS Amanda Nunes

Ronda Rousey Pensiun?

Rousey mengalami kekalahan pertama sepanjang karir UFC-nya setelah dikalahkan oleh sesama petarung dari Amerika – Holly Holm dalam situasi yang sangat panas pada UFC 193 minggu lalu. Mantan juara bantamweight wanita itu telah bersumpah untuk segera kembali bertarung, meski beberapa rencana rematch telah ditunda setelah Rousey diputuskan membutuhkan 6 bulan medical suspension karena cedera yang dideritanya dari pertandingan di Melbourne itu. Ronda Rousey – yang di kalangan pecinta MMA Indonesiaseringkali dijuluki dengan nama RR Dewi Armbarwati itu, seharusnya beristirahat dari kegiatan UFC tak peduli apapun hasilnya dari pertandingan hari Minggu itu dikarenakan ia adalah pemeran utama di film Mile 2, yang akan segera mulai mengambil gambar dalam waktu dekat, tetapi juara UFC Aldo percaya bahwa berkembangnya karir Rousey dan kekalahan brutalnya bisa jadi mempercepat keputusannya untuk pensiun – meskipun dia mampu untuk merebut gelar juara bantamweight wanitanya lagi.

“Aku rasa akan sangat berat baginya untuk kembali bertarung,” ungkap Aldo, yang akan menghadapi Conor McGregor dari Irlandia di UFC 194 bulan depan. “Karirnya benar-benar telah menyimpang. Kalau saja aku menghasilkan banyak uang dari bermain film atau yang lainnya, aku juga akan mengambil jalan itu. Apakah aku akan merusak wajahku dengan dipukuli lagi? Gila kau. Menurutku dia tak akan bertarung lagi.”

“Dan kalaupun dia kembali, tentu saja dia akan memenangkan gelarnya lagi. Dia akan selalu jadi petarung, tapi kalau aku jadi dia, aku tidak akan kembali lagi.”

Dia mengungkapkan bahwa meski dia menghormati MMA wanita, dia belum yakin bahwa itu sudah setara dengan MMA pria. Aldo menjelaskan dampak dari perbedaan style dan teknik bagi petarung wanita sebagian besar sama dengan pria karena setiap petarung sekarang dituntut bisa segalanya, baik di lantai maupun berdiri.

“Hal ini wajar. Ada kemenangan, ada juga kekalahan, ” kata Aldo. “Holm telah berkali-kali menjuarai boxing dan memang bagus di bidangnya, dan aku tahu dia pasti akan menang kalau dia menjaga posisinya untuk tetap berdiri.”

“Ronda adalah juara yang hebat, aku menghormatinyya, tapi kupikir MMA pria masih di tingkat yang lebih tinggi. Atlet pria tidak bisa dikategorikan dengan satu martial art saja, semisal ‘Aku adalah judoka dan aku hanya bisa menangkap lengan’. Tidak ada orang seperti itu yang akan bertahan. Akhir-akhir ini atlet harus bisa mumpuni baik saat berdiri maupun di lantai. Kamu harus bisa bagus ke manapun pertandingannya mengarah dan itu yang aku coba lakukan. Aku lebih suka menonton pertandingan MMA wanita daripada pria karena mereka selalu melakukan yang terbaik dan bertarung sekeras mungkin.” Meski begitu, Aldo mengakui meskipun Rousey benar-benar memutuskan untuk pensiun dan tidak kembali ke octagon lagi, dia telah berkontribusi lebih dari cukup untuk MMA dan telah menuliskan sejarah karena telah membawa game wanita ke level yang lebih jauh dari sebelumnya.

“Kurasa “peninggalan” Ronda adalah dia telah mengubah MMA wanita,” tambah Aldo. “Dia telah meletakannya di tempat yang tak pernah dibayangkan siapapun, di mana bahkan Dana White bilang tidak mungkin, namun itulah kenyataannya sekarang. Itulah peninggalannya. Dia telah melakukan banyak untuk olahraga wanita.”

Aldo sendiri saat ini sedang mempersiapkan dirinya untuk pertandingan berikutnya yang telah dijadwal ulang dengan McGregor, yang masih belum terkalahkan dan telah menyuarakan pendapatnya bahwa ia akan merebut gelar juara featherwight dari juara bertahan itu. Pasangan ini akan bertemu di UFC 194 pada 12 Desember di MGM Grand Garden Arena di Las Vegas, dalam pertandingan yang telah dijadwal ulang dari yang seharusnya dilaksanakan pada UFC 1989 sebelumnya pada tahun ini.

1 comment

Anonymous 6:20 AM

hi, test comment

From Admin

welcome to mmaindonesia.net. Some of you may be familiar with this blog. And we were quite inactive for a while due to our activities. Now the blog is a bit more from our own personal point of view. If we only relied on copy-pasting others’ contents back then, our posts now will be mostly coming from the admins. Once again of course every opinion here is only from an MMA fan’s humble perspective – not as a practitioner, neither supported by sponsors. TPIFC (TPI Fighting Championship) –the first Indonesian MMA event aired since June 2002 – Jan 2005, remains being this blog’s focus.