LightBlog

Pernahkah kamu mendengar Bruceploitation ? Benar, Bruceploitation adalah sebuah istilah yang mengacu pada praktik para pembuat film di Hong...

Bruceploitation

Pernahkah kamu mendengar Bruceploitation? Benar, Bruceploitation adalah sebuah istilah yang mengacu pada praktik para pembuat film di Hong Kong dan Taiwan yang merekrut banyak aktor mirip Bruce Lee ("Bruce Lee look-alike") untuk membintangi film martial arts.

Bruceploitation adalah subgenre film eksploitasi yang banyak kita temui di era 70-an setelah kematian sang legenda. Ketika Bruce Lee meninggal pada 20 Juli 1973, dia adalah aktor bela diri Hong Kong yang paling terkenal.

Apalagi ketika Enter the Dragon menjadi box office dan sukses di seluruh dunia, banyak studio di Hong Kong khawatir bahwa sebuah film tanpa kehadiran Lee tidak akan sukses secara finansial. Jadi beberapa studio lalu memutuskan untuk mencari peruntungan dengan menumpang ketenaran almarhum. Kamu pasti bisa temukan di youtube atau DVD tiba2 ada jagoan bergaya ala Bruce Lee. Tak hanya teriakan macam suara kucing beranak berantemnya, tetapi juga semua gaya Lee di-eksploitasi oleh para pemain gadungan mulai dari; meng-gosok2 hidung padahal ga sedang pilek, melotot, menunjuk dengan jari dan jempol, roundhouse kick, tendangan terbang, stance dengan jari ala spider-man, footwork ... dan masih banyak lagi. Dan yang paling menjengkelkan tentu nama2 mereka yang dengan sengaja di-mirip2kan dengan Bruce Lee. Ada Bruce Li –yang aslinya Ho Chung Tao, ada Bronson Lee yang aslinya Tadashi Yamashita, Bruce Chen, Bruce Lai, Bruce Le a.k.a Wong Kin Lung, Bruce Lei, Bruce Lie, Bruce Liang ( yang ini adalah Liang Siao Lung), Bruce Ly –padahal aslinya Binhslee, Bruce Thai, Bruce K.L. Lea, Brute Lee, Myron Bruce Lee, Lee Bruce, sampai Dragon Lee dan mungkin masih banyak lagi yang bikin kita mumet. Ada yang badannya gempal, ada yang cungkring, ada yang tinggi ada yang buntet dan lucu2. Ya gapapa, namanya juga usaha.

Sampai dengan hari ini aktor yang dianggap paling mirip dan berhasil meniru gaya dan mimik almarhum Bruce Lee adalah Danny Chan Kwok-kwan yang pernah bermain di film Shaolin Soccer. Padahal ada juga bintang lainnya yang lumayan berhasil menghayati peran Bruce Lee, yakni Jason Scott Lee -aktor berdarah campuran China - Hawai kelahiran Los Angeles yang pernah berperan sebagai Lee di film "Dragon: The Bruce Lee Story" produksi tahun 1993. Atau Aarif Rahman- a.k.a Aarif Lee Chi-ting, aktor, penyanyi dan sekaligus penulis lagu asal Hong kong, yang juga bermain di film semi dokumenter Lee lainnya berjudul "Bruce Lee My Brother" tahun 2010.

Sampai kemudian muncul orang yang satu ini. Abbas Alizada, asal Afghanistan. Pasti kalian semua sudah melihatnya.



Gambar diambil dari sini.

0 comments: