LightBlog

Sewaktu kecil pernah bertanya, jika setiap manusia akan dijaga oleh dua malaikat - Roqib dan Atit yang masing2 mencatat amalan baik dan p...

Fitri

Sewaktu kecil pernah bertanya, jika setiap manusia akan dijaga oleh dua malaikat -Roqib dan Atit yang masing2 mencatat amalan baik dan perbuatan buruk, maka berapa banyak jumlah Malaikat pencatat amalan yang ada di dunia ini? Apakah hanya dua saja? 1 milyar, atau dua kali jumlah penduduk manusia yang mencapai 8 milyar? Di masa lalu tentu hal2 semacam ini akan sulit dijawab dan dipahami. Dan biasanya Guru marah hanya karena menganggap kita iseng bertanya demikian.
Tentu postingan ini tidak bermaksud menjawabnya. Hanya mencoba memahami secara logika.

Yang pertama, bisa saja Malaikatnya hanya ada dua. Tetapi beliau mengoperasikan sebuah sistem pencatatan amal baik dan dosa setiap manusia melalui aplikasi super canggih yang ditanam di dalam hati setiap manusia. Setiap niat di dalam hati akan membentuk kode2 tertentu dan mengirimnya secara otomatis ke Maha Server yang mencatat semua aktifitas di alam semesta. Begitu efisiennya system ini karena hanya dioperasikan oleh dua operator saja.

Yang ke-dua, Tuhan bisa saja memasang semacam CCTV atau perekam canggih di setiap sudut di alam semesta -tak terkecuali di sekitar kita. CCTV membaca barcode yang nemplek di jidat kita, dan merekam semua perbuatan kita dan langsung mengirimnya ke Server.

Yang pertama mencatat niat, dan yang ke dua merekam perbuatan kita.

Saat niat baik terucap dalam hati, search engine langsung menjejak dan mencatat pahala. Apalagi jika niat baik tersebut ditunaikan, insyaAllah bonus didapat berlipat ganda. Namun sebaliknya dengan niat jahat, meski terprogram di dalam hati, mesin pencari tak mau berlabuh walau terpasang plugin2 SEO terkini yang paling friendly sekalipun. Tuhan sungguh nyata maha baik, tak perlu sekolah S3 untuk menyadarinya. Terkadang muncul niat baik tetapi disertai kondisi. Seperti ingin bersedekah tetapi harus di-upload di sosmed. Kalau orang bilang ini riya. Bisa jadi mesin pencari yang dioperasikan Malaikat tak bersedia menghitungnya. Karena dianggap black hat SEO. Memasang bot visitor demi traffic pahala.

Ada kalanya, catatan manusia lebih banyak buruk-nya ketimbang beramal baik. Hati2, setiap niat yang tidak baik sangat rentan dihinggapi oleh bermacam PUP (potentially unwanted program) dan malware yang berpotensi terjangkit virus penyakit hati seperti; takabbur, riya dan sum’ah, ujub (berbangga diri), hasad (iri dengki pada kenikmatan dan kelebihan orang lain, disertai harapan agar semua itu hilang dari orang tersebut), taqtir (pelit) dan juga panjang angan-angan. Namun kita patut bersyukur, dalam satu bulan di setiap tahunnya, Tuhan memberi waktu kepada manusia untuk bebersih. Selama 30 hari melakukan Virus scanning di semua folder hati kita, mulai dari boot-time sampai shut down di malam hari, menggunakan aplikasi anti virus ber-merek ramadan yang baru saja beredar dengan versi 1438.H. Aplikasi ini sangat penting untuk melindungi diri dari nafsu yang bekerja dengan cara menghapus secara permanen browser history yang kurang baik, aneka cookies dan file2 dosa lainnya yang mungkin dibuat selama setahun sebelumnya, dan juga memaksimalkan ruang hati yang tidak terpakai untuk bisa diisi dengan niat baik. Sebuah freeware gratis dari Gusti Allah yang maha segalanya.

Proses pembersihan diri sudah disempurnakan hari ini. Semoga kita semua mampu membuat Malaikat Roqib sibuk se-sibuk2nya, dan jangan memberi kesempatan sedikitpun kepada Malaikat Atid untuk bekerja. KPI (key performance indicator) yang diberikan untuk Raqib adalah 100 sampai tak terhingga, sedangkan KPI untuk Atit adalah maksimum 1. Jangan sampai terbalik.



Selamat hari raya idul fitri 1 syawal 1438 H, Mohon maaf lahir dan batin. Taqabbalallahu minna wa minkum, aamiin.

0 comments: