LightBlog

Masih ingat berita heboh tentang petarung MMA yang menantang Master Taiji beberapa minggu lalu? Bintang MMA China Wang Guan , yang baru saj...

Wang Guan : Reaksi Terhadap Xu Xiaodong

Masih ingat berita heboh tentang petarung MMA yang menantang Master Taiji beberapa minggu lalu?

Bintang MMA China Wang Guan, yang baru saja menandatangani kontrak dengan Ultimate Fighting Championship (UFC), tergerak untuk membela seni bela diri tradisional China dan mengutuk rekan senegaranya Xu Xiaodong karena sikapnya yang tidak menghormati beladiri kebanggaan negaranya.

Sebuah video tentang Xu yang mengalahkan master taijiquan –Wei Lei hanya dalam 10 23 detik di Chengdu, Sichuan, pada tanggal 27 April lalu telah menjadi viral dan Xu kemudian mengatakan bahwa seni bela diri tradisional sudah ketinggalan zaman dan hanya bagus untuk kesehatan saja. Petarung MMA berusia 38 tahun itu juga menegaskan bahwa tarung gaya bebas atau tinju lebih praktis digunakan di dalam pertarungan yang sebenarnya.

Karena ulahnya –seperti dikutip dari The New York Times pada hari Rabu (10/5), didapati Xu telah menghilang dan bersembunyi. Xu juga menyatakan bahwa dia telah kehilangan karir dan segalanya akibat video tarungnya tersebut.

Wang, yang berbicara dengan media Singapura dalam sebuah wawancara via telepon dari Chengdu pada hari Kamis (11 Mei), tampak menyerang Xu. Wang berkata: "Beberapa teman bilang kepada saya bahwa jika dia (Xu) bertarung melawan saya, saya pasti bisa mengalahkannya dengan mudah.



"Saya pikir Xiaodong tidak bisa dianggap mewakili komunitas MMA karena dia bukan seorang petarung profesional. Xu hanya bisa mewakili dirinya sendiri. Bahasa dan ungkapan kata2nya memang tidak pantas terhadap wushu atau bela diri tradisional China."




Wang, yang merupakan warga asli Beijing berusia 31 tahun dengan rekor MMA 15-1, sebenarnya akan dipertemukan dengan Petarung asal Amerika –Alex Caceres di UFC Fight Night Singapore pada hari Sabtu 17 Juni lalu. Ini adalah kali pertama UFC akan menggelar live event sejak tahun 2014.

Wang pula menambahkan: "Dampak pertarungan Xiaodong sangat besar, dan kini semua orang mengenal dirinya. Tapi ingat bahwa ini bukanlah kompetisi yang sebenarnya.

"Yang pasti, setelah pertarungan itu, orang-orang China yang mempelajari seni bela diri tradisional akan memiliki kesan buruk terhadap MMA, tapi di sisi lain juga berarti mereka tidak tahu banyak tentang apa itu MMA."



Buntut dari kejadian ini, setidaknya ada tiga master bela diri tradisional China telah menanggapi tantangan yang dilontarkan oleh Xu Xiaodong. Mereka menyatakan bersedia menghadapi Xu dalam pertarungan demi mempertahankan tradisi nenek moyang mereka. Dan yang pasti, mereka juga menambahkan bahwa jika mereka kalah dalam tarung melawan Xu, itu tidak berarti bahwa beladiri mereka lebih rendah dari MMA.

Gambar diambil dan diedit dari sini dan sini.

1 comments:

CarrieChief said...

I have checked your website and i have found some duplicate content, that's why
you don't rank high in google, but there is a tool that can help you to create 100% unique content, search for;
boorfe's tips unlimited content