LightBlog

Kabar gembira dari dunia olah raga nasional, bahwa Pencak Silat akhirnya berhasil masuk sebagai cabor baru yang akan dipertandingkan ...

Cabor Baru di Asian Games 2018: Pencak Silat



Kabar gembira dari dunia olah raga nasional, bahwa Pencak Silat akhirnya berhasil masuk sebagai cabor baru yang akan dipertandingkan di Asian Games 2018 ini. Seperti dikutip dari situs berikut ini:

Bola.com, Jakarta - Pencak silat termasuk salah satu cabang olahraga baru yang akan dipertandingkan di Asian Games 2018. Pada edisi-edisi sebelumnya, pencak silat tak pernah masuk ajang empat tahunan itu.

Sebagai tuan rumah Indonesia memang berhak menambahkan tiga cabang olahraga. Salah satu yang dipilih adalah pencak silat. Indonesia berpeluang merebut banyak medali dari cabang olahraga ini.

Pencak silat merupakan seni beladiri asli Indonesia, yang tersebar merata di seluruh tanah air termasuk hingga Malaysia. Pencak silat dinilai dari pukulan, tendangan, sapuan, dan bantingan. Sasaran yang harus dikenai adalah pelindung tubuh masing-masing atlet.

Cabor Pencak silat memasang target merebut empat medali emas di Asian Games 2018. Pelatnas Asian Games 2018 2018 cabor pencak silat diikuti 22 atlet di Solo dibawah arahan tujuh pelatih.

Kontingen Indonesia di cabor pencak silat akan turun di 16 nomor dengan rincian 10 nomor tanding (tujuh putra dan tiga putri) dan enam nomor seni (tunggal putra dan putri, ganda putra dan putri, serta regu putra dan putri).

Di SEA Games 2017, Indonesia membawa pulang dua emas, empat perak dan sembilan perunggu. Dua emas disumbang Wewey Wita serta trio Anggi Faisal Mubarok, Asep Yuldan Sani dan Nunu Nugraha pada nomor seni beregu putra.

"Prestasi tahun 2017 di Sea Games, dapat satu emas di regu putra. Pada 2016 mengikuti kejuaraan dunia di Bali dan mendapat satu emas di PON," kata Anggi Faisal Mubarok, salah satu atlet silat.

Meski berlaga di negeri sendiri, bukan berarti pendekar-pendekar silat Tanah Air tak punya pesaing. Indonesia mewaspadai Vietnam dan Singapura di Asian Games 2018.

"Pesaing di kejuaraan dunia dan Sea Games sebelumnya ada Vietnam dan Singapura," ujar Asep Yuldan Sani, atlet silat.

Berbagai persiapan telah dilakukan cabor pencak silat agar sukses di Asian Games 2018. Salah satunya dengan mengadakan test event. Indonesia sukses besar di tes event Asian Games 2018 dengan menjadi juara umum.

Para pesilat Merah Putih mampu mendulang 11 emas dari 16 kelas yang dipertandingkan, mulai dari 10 hingga 15 Februari 2018 di Padepokan Pencak Silat, Taman Mini, Jakarta.

Tujuh emas diantaranya didapat dari nomor tarung dari 10 kelas yang diperlombakan. Empat emas lainnya dihasilkan dari nomor seni atau Tunggal Ganda Regu (TGR), yang mempertandingkan enam kelas.

Demi mengasah kemampuan, Indonesia juga mengikuti Belgia Open dan akan beruji coba ke Vietnam dan Thailand akhir Juni.

"Persiapan kami sudah 80 persen ya. Kami yakin akan bisa memberikan yang terbaik di Asian Games 2018. Kita akan jadi tuan rumah dan silat merupakan asli dari Indonesia," kata pelatih kepala pencak silat Indonesia Rony Syaifullah.

0 comments: