LightBlog

Lha apa kaitannya dengan MMA ? Paling tidak seperti itulah kira2 komentar anda saat membaca judul postingan ini! Berkeringat saat berlari ...

Kebersihan Adalah Sebagian dari MMA

Lha apa kaitannya dengan MMA? Paling tidak seperti itulah kira2 komentar anda saat membaca judul postingan ini!

Berkeringat saat berlari adalah hal biasa. Berkeringat saat bertinju atau kumite adalah hal yang biasa pula. Dan yang namanya keringat, selain bikin risih tentunya juga menimbulkan aroma kurang sedap a.k.a bau! Saat berlatih Tinju atau Karate, mungkin saja tak selalu terjadi pertukaran keringat di antara dua atlet karena mereka relatif terpisah oleh jarak. Yang ada hanya pertukaran pukulan atau tendangan. Namun dalam olahraga Grappling, Gulat dan MMA atau bela diri melantai lain-nya tak bisa dihindari lagi derasnya keringat dari dua atlet menyatu menjadi campuran senyawa baru -yang ‘aroma’-nya ......lol.. mungkin lebih baik tidak dibahas di sini.


Bicara tentang keringat sangat erat hubungannya dengan menjaga kebersihan badan. Inilah kesan yang Penulis dapat ketika membuka situs salah satu klub Grappling terkenal di Jakarta saat itu (sudah almarhum website-nya). Pada halaman About Us-nya tercantum beberapa aturan yang menurut penulis sangat penting untuk dipatuhi oleh para anggotanya:

Tentang cara berlatih
Pada dasarnya pembinaan suasana belajar yang positif sangat kami pentingkan. Walaupun sifat kompetitif itu adalah faktor pendorong kemajuan, kami tidak dapat mentoleransi sikap kompetitif yang berlebihan.  Contoh:

1. Melakukan gerakan2 submission atau gerakan2 berbahaya lainnuya dengan tanpa kontrol.
2. Tidak pernah memberi kesempatan bagi mitra berlatih untuk maju.
3. Selalu grappling dengan 100% tenaga setiap kali.
4. Terlalu berfokus dengan mendapatkan submission semata tanpa memperhatikan proses mendapatkannya.
5. Dan sebagainya ... (segala macam aksi2 yang didasarkan oleh egoisme semata)

Kesehatan Jasmani
Semua anggota bertanggung jawab atas kesehatan diri masing2 dan juga harus perduli terhadap kesehatan anggota yang lain:

1. Jangan datang ke tempat latihan bila anda sedang mengidap penyakit menular (kulit, batuk, pilek, flu, dsb.)
2. Para anggota harus berusaha sebaik2nya untuk menjaga kebersihan diri (termasuk kebersihan pakaian dan sepatu gulat)

Mengenai Pakaian Latihan
1Boleh mengenakan seragam bela diri lain atau pakaian olah raga lainnya
2. Harus mengenakan celana dalam (kami serius)
3. Sepatu gulat tidak boleh digunakan sebagai sepatu jalan (untuk menghindari penyakit kulit seperti: herpes, dll.)
4. Pakaian harus dibersihkan sebelum latihan (maaf kami harus ulangi lagi)

Terkesan Klub ini menekankan begitu pentingnya kebersihan dalam ber-olahraga (Jiu-jitsu khususnya). Tentu saja karena kebersihan adalah pangkal kesehatan. Dan kebersihan juga merupakan sebagian dari iman.  Untuk menjadi atlet yang baik dituntut memiliki ‘iman’ yang kuat. Agar tak ‘mabok kepayang’ saat berada di puncak dengan bermacam gelar dan sabuk juara. Agar tak pula goyah di saat terpuruk. Dan itu bisa dimulai dari belajar tentang kebersihan saat berkeringat dalam Octagon.

Lalu apa kata para Praktisi bela diri lainnya?
Berikut ini adalah komentar seorang Pelatih dari MMA Gym- Golden Gening di kota Pontianak, Coach Nelly Agussalim.  Menurutnya, kebersihan bagi seorang Fighter itu wajib hukumnya. Fighter MMA itu harus bersih dan kinclong. Sebelum masuk Octagon, "rumput " di area ketiak agar di-tebas dulu, jangan lupa pake deodoran, rambut harus ditata sedemikian rupa. Bagi yang tetap ingin mempertahankan rambut panjangnya, sebaiknya di-kuncir yang rapi, atau pake pomade. Saya melihat ada beberapa fighter yang terganggu konsentrasinya saat bertarung akibat rambut panjangnya sendiri yang bikin ribet.

Oya, Fighter juga harus pakai handbody atau vaselin untuk badan mereka. Gak kebayang ‘kan pas mereka sedang bergulat di bawah terus keringatnya bercucuran, ditambah bau amis darah dan aroma telapak sepatu bercampur jadi satu. Dengan handbody setidaknya keluar aroma wangi dikit2 hahahaa. (Pelatih yang bulan lalu baru saja dikaruniai puteri cantik ini juga tak sungkan memberi masukan2 tentang pakaian yang sebaiknya dikenakan oleh para MC Putri One Pride agar tampil lebih maksimal. Mungkin nanti beliau membuat post khusus yang membahas tentang ini ).

Sebagai penonton kita tidak hanya menikmati permainan yang menarik tapi juga melihat penampilan dan kebersihan juga, lanjutnya.  Di sasana kami jika atlet2 akan bertanding harus merapikan rambutnya. Harus cepak. Kalau mereka tak mau ikut aturan akan kami coret.

Ternyata kejam juga ya? Tidak, sergahnya. Ini aturan.

0 comments: