LightBlog

Seringkali orang bertanya, teknik apa yang paling efektif dalam sebuah pertarungan. Di dalam MMA, secara jelas statistik menunjukkan hal...

Bagaimana Menghindari Do Mawashi Geri (Wheel Kick)



Seringkali orang bertanya, teknik apa yang paling efektif dalam sebuah pertarungan. Di dalam MMA, secara jelas statistik menunjukkan hal ini kepada kita. Untuk submission, kuncian RNC menduduki tingkat paling tinggi (33,6%). Disusul kemudian oleh Guillotine Choke (18,2%), Triangle choke (16,5%), Armbar (7,3%) dan Arm triangle Choke dengan persentase 5,3%. Kelimanya sering kali disebut dengan Top Big 5 Submission. Teknik submission memang secara signifikan menjadi penentu kemenangan di sepanjang sejarah MMA dengan angka 40%. Ini masih sedikit lebih tinggi jika dibandingkan dengan kemenangan yang diperoleh melalui KO/TKO yang hanya 34%.

Bagaimana dengan Karate? Penulis belum pernah membaca fight stats dalam pertandingan Karate. Finishing method apa yang paling sering digunakan oleh para Karateka –sebuah pukulan, ataukah tendangan yang lebih efektif? Berapa banyak jumlah pukulan, tendangan, persentase KO/TKO dsb (anyone ada yg bisa bantu update please?).

Beberapa kali menyaksikan pertandingan Karate –khususnya Kyokushin, Penulis sangat terkesan dengan salah satu teknik menendang di aliran Karate yang satu ini. Kalian pasti sudah bisa menebaknya. Benar, Do Mawashi Geri. Beberapa orang menyebutnya dengan Wheel kick, Side roll kick, atau Side falling kick dan masih banyak lagi julukannya :)

Tendangan ini seringkali menipu lawan dan sangat sulit dihindari. Meski jelas tak mudah melakukannya (bayangkan kita harus melakukan roll dengan posisi kepala ke bawah, memutar tubuh ke depan dan menyerang target dengan tumit) namun sering kali teknik ini menjadi momok bagi lawan yang tak cukup waktu untuk mengantisipasinya. Bisa saja ini tidak terduga karena dilakukan dari jarak yang cukup dekat bahkan di antaranya diambil dari posisi sedang clinch. Tendangan ini konon lebih kuat daripada spinning hook kick di Taekwondo karena Do Mawashi memanfaatkan seluruh berat badan saat menggelinding jatuh. Meski demikian, teknik ini juga sangat berbahaya bagi si penendang itu sendiri jika mereka tidak berhasil menjatuhkan sang lawan. Karena biasanya akan berakhir dalam posisi mendarat di bawah jika meleset atau terhalang. Ini tentu saja menempatkan si penendang di dalam posisi diserang (apalagi jika ini adalah tarung MMA, kamu bisa bayangkan kejadian selanjutnya).

Beberapa hari lalu Penulis bertanya kepada seorang Karateka setelah beliau memposting sebuah videonya saat melakukan light sparring: bagaimana cara mengantisipasi, menghindari atau mem-block serangan Do Mawashi Geri yang mengerikan ini? Dan berikut ini adalah jawaban beliau. 

Terima kasih Senpai Roel Siradj untuk waktunya dan sumbangan Video-nya yang menjawab rasa penasaran pembaca dan penikmat berita MMA Indonesia. Sukses selalu dengan Super Kick Karate-nya, aamiin.


Pertama: melangkah berputar.

Ke dua : melangkah masuk.


0 comments: