LightBlog

"A sport that blends elements of boxing, wrestling, and brawling" Bagi penyuka olahraga MMA, kalian pasti sedikit mengernyit...

Sejarah MMA Modern - Wajib Dibaca Oleh Penggemar MMA

"A sport that blends elements of boxing, wrestling, and brawling"

Bagi penyuka olahraga MMA, kalian pasti sedikit mengernyitkan dahi ketika membaca judul postingan ini. Tentang beberapa fakta terkait sejarah MMA modern. Sebagian dari kita mungkin pernah mendengar atau membaca, bahwa UFC bukanlah event MMA pertama yang ada di Amerika, seperti yang telah kita kenal selama 25 tahun belakangan ini.

Berikut sebuah artikel yang Penulis ambil dan diterjemahkan dari blog mmahistory.org. Tulisan yang hampir sama pernah Penulis post di blog Mixedfighting tahun pada tahun 2008:

Informasi yang tersedia di website ini dikumpulkan dengan tujuan melestarikan integritas historis dari mixed martial arts modern sebagai olahraga di Pennsylvania dan di penjuru Amerika Serikat. Kami ingin menghargai usaha banyak kelompok dan individu yang telah membantu ‘memulai’ olahraga ini. UFC sendiri telah melakukan pekerjaan yang baik dengan memasarkan MMA di dunia, dan patut diakui akan keberhasilannya. Namun beberapa mitos dan bagian-bagian hilang dari sejarah yang kita ketahui, dan menjadi perkara yang bisa diperdebatkan. Di bawah ini adalah beberapa fakta yang kami sajikan untuk mengedukasi dan mengisi kehilangan informasi pada sejarah MMA modern.

Para Pelopor
CV
(Caliguri and Viola) Productions adalah perusahaan yang mempromosikan MMA pertama di sejarah Amerika, dibangun pada 1979.  Bill Viola adalah penulis pertama peraturan MMA yang diresmikan di 1979; dan diterapkan pada 130 pertandingan. Standard pada masa itu paralel dengan peraturan yang digunakan sekarang.

CV Productions Inc adalah sebuah perusahaan MMA berbasis di Pittsburgh, PA yang didirikan di tahun 1979. Ia dianggap perusahaan MMA pertama di AS dan berkontribusi dalam menciptakan blueprint bagi kompetisi MMA modern. Perusahaan ini mempromosikan liga MMA mainstream pertama di 1980 dengan tujuan membuat sebuah cabang olahraga baru. Kompetisi MMA teratur pertama kali dikenalkan di AS juga oleh CV. Kompetisi pertama ini dinamakan Tough Guy Contest dan diadakan di tanggal 20 Maret di New Kensington, PA. dan berikutnya di tahun yang sama perusahaan ini mengganti nama kompetisinya menjadi  to “Super Fighters.”

The World Martial Arts Fighting Association (WMAFA) adalah sanction body untuk semua pertandingan yang diselenggarakan CV Productions dan merupakan badan pengurus pertama bagi MMA di Amerika.

CV Productions memperkenalkan kompetisi MMA terstruktur dan terbuka di Amerika pada 20 Maret, 1980 di Pittsburgh, PA dengan kejuaraan pertamanya “Battle of the Tough Guys”. Ini adalah keberhasilan komersil MMA pertama dan menandai awal sebuah cabang olahraga baru.

Lebih lanjut di tahun 1980, Tough Guys di-rebranded sebagai Super Fighters untuk memberikan kesan professional fighting: The “Super Fighters League” (The SFL). Ini adalah liga MMA pertama di kalangannya dan menetapkan arah bagi MMA pada umumnya.

Pennsylvania adalah negara bagian pertama dalam sejarah yang menetapkan larangan resmi bagi MMA, melalui undang2 passage of Senate Bill 632 (Session of 1983 Act 1983-62).  Hukum ini dibuat secara khusus untuk menjegal event CV Productions dan menggunakan bahasa sedetail mungkin untuk mendefinisikan kompetisi MMA dengan melarang:

“Kompetisi yang melibatkan segala jenis kontak fisik antara 2 atau lebih individu, yang saling berusaha menjatuhkan lawannya dengan boxing, gulat, taktik martial arts atau kombinasi dari mereka dan dengan menggunakan teknik-teknik seperti pukulan, tendangan, dan cekikan tapi tidak terbatas pada teknik tersebut.”

Dan Sepuluh tahun setelah dikeluarkannya undang-undang itu, Ultimate Fighting Championship pertama muncul di tahun 1993.

Ultimate fighting: beberapa dekade mendahului masa.
Tahun 1979, Co founder CV Productions menulis buku peraturan MMA setebal 11 halaman yang paralel dengan aturan olahraga tersebut pada masa kini. *Untuk dicatat bahwa akar MMA tersebar di Yunani kuno, Asia, bahkan menyebutkan Bible. Artikel ini berusaha mengeksplor perkembangan MMA sebagai olahraga modern dan langkah-langkah perjalanannya hingga diterima oleh publik. CV Productions bertujuan untuk mengubah “aduan” tradisional semacam Vale Tudo (yang dipopulerkan oleh Gracie Challenges yang terkenal di Brazil) menjadi olahraga kombat resmi di AS.

Peraturan MMA modern yang diakui oleh sebagian besar Komisi Atlet Negara Bagian saat ini telah mengalami bertahun-tahun penilaian yang berujung penambahan safety precaution rules and regulations . Proses panjang merupakan usaha untuk membentuk kesan “No Holds Barred” dari UFC Championship pertama hingga menjadi olahraga yang bisa diterima di Amerika. Yang menarik, banyak dari peraturan yang diterapkan sekarang sebenarnya mengambil aturan yang sama yang sudah digunakan di tahun 1980. Tapi ironisnya, CV Productions justru dituntut 30 tahun lalu karena menggunakan metode-metode yang kini sudah bisa diterima dengan baik. Butuh hampir 3 dekade bagi the State Athletic Commissions (SAC) dan para promoter untuk menyetujui banyak standard yang sebenarnya sudah ada dari 1980.

Pelarangan MMA
Pada 6 Novermber 1980 CV Productions dipaksa ( The Pennsylvania State Athletic Commission TPSAC membatalkan pertandingan mereka berikutnya di Greensburg, PA. CV telah diberikan ultimatum; jika mereka tetap melaksanakan pertandingan, polisi Pennsylvania akan turun tangan dan membubarkan event nya sendiri. CV tidak menghiraukan peringatan tersebut atas dasar Athletic Commission tidak memiliki yurisdiksi atas kompetisi Tough Guys. Berdasarkan Pennsylvania Athletic Code Act of August 31, 1955 (P.L.531, No.131),  negara bagian mengawasi dan mengatur olahraga boxing dan professional wrestling, namun MMA adalah olahraga yang benar-benar baru.

Hingga akhirnya pada 6 November 1980 pertandingan di Greensburg tetap berlagnsung, hanya untuk memberi kesempatan pemerintah untuk semakin mengkritik. Kemudian terjadi sesuatu yang tak disangka-sangka, Ronald Miller, 23 tahun meninggal setelah mengikuti kompetisi Tough Guys di Johnstown.  Event ini sebenarnya tidak punya hubungan apapun dengan CV Production. Tapi sayangnya anggota legislatif Pennsylvania menggunakan hal ini sebagai alasan untuk menginvestigasi semua pertandingan yang diadakan di sana hingga akhirnya melarang MMA. Tekanan dari SAC memaksa legislative hearing yang pada akhirnya menghasilkan the passage of SENATE BILL No. 632 Session of 1983 yang efektif melarang semua jenis event MMA di Pennsylvania, dan dengan spesifik menyebut kontes yang diadakah CV Productions seperti Battle of the Brawlers dan Tough Guy contests.

Setelah pertimbangan hukum yang cukup Viola dan Claiguri disarankan untuk menghentikan promosi event-event mereka di tahun 1981. Efektif mulai 27 Februari 2009, Pennsylvania melegalisasi MMA. Ini mengakhiri puncak dari 30 tahun sengitnya memperjuangkan MMA dari Pennsylvania State Athletic Commission.

Ada pertanyaan....?
Atau masih penasaran? Coba baca ini, masih di blog yang sama.

0 comments: